Sunday, April 20, 2008

Semua mukminin, khususnya para pelaku politik, para ulama dan pemikir serta pemimpin bangsa dari setiap negara, sudah seharusnya menggalang barisan persatuan Islam sekuat mungkin dalam menghadapi musuh zalim ini. Sudah seharusnya kita menghimpun unsur-unsur kekuatan dan membangun ketahanan umat Islam dengan benar.

Ilmu pengetahun, manajemen, sistem penyelenggaraan, kesadaran penuh, rasa tanggung jawab dan komitmen, tawakal dan kepercayaan kepada janji Allah Swt, mengenyampingkan keinginan-keinginan hina dan tak berarti demi mendapatkan keridhaan Allah Swt, beramal atas dasar tugas … semua itu adalah unsur-unsur dasar kekuatan umat Islam yang akan mengangkat mereka untuk tampil merdeka, berwibawa, dan maju, baik secara materiil maupun spiritual. Unsur-unsur itu pula yang akan menggagalkan musuh dalam upaya mereka melakukan tekanan dan campur tangan di dalam negeri-negeri Muslim.

Kasih sayang antarsesama mukminin adalah pilar kedua dan kriteria lain untuk membangun kondisi yang baik bagi umat Islam. Perpecahan dan pertikaian di tengah umat Islam merupakan penyakit yang sangat membahayakan, yang harus segera ditangani dengan segenap kemampuan. Sudah sejak lama, musuh-musuh kita bekerja dan berusaha tak henti-hentinya dalam masalah (perpecahan) ini. Dan mereka sekarang, di era kebangkitan Islam yang telah membuat mereka cemas dan takut, semakin meningkatkan kerja dan usaha keras mereka. Semua pesan pihak-pihak yang prihatin akan masalah ini ialah hendaknya perbedaan-perbedaan itu tidak berubah menjadi pertentangan, juga keragaman itu tidak semestinya berakhir dengan permusuhan.

No comments: